Bagaimana cara menghilangkan stretch mark?

Stretch mark adalah masalah yang biasa yang lihat pada kalangan wanita yang sudah melahirkan. Penderita akan muncul di bawah perut, paha, pinggul, atau payudara. Perkembangan dengan adanya perubahan hormon ketika sedang hamil. Sesudah melahirkan stretch marks membekas akan menjadi salah satu masalah yang dihadapi wanita. Ada juga yang memaknai sebuah guratan yang dialami  terlihat pada kulit bagian bawah perut. Kemungkinan Stretch mark bisa terjadi kepada siapapun pada wanita dan pria. Namun pada, guratan dapat  dihilangkan. Guratan awal mula berwarna merah, merah muda, hingga berwarna ungu dan karena seringnya perubahan waktu akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, itupun akan tergantung pada warna kulit.

Dilansir dari halaman alodokter.com tidak semua orang dapat mengalami stretch mark. Gurata hanya akan dialami orang yang kulitnya memiliki sedikit kolagen dan juga protein yang membuat kulit lentur. Stretch mark sering kali terjadi karena keadaan tubuh dapat berkembang dengan lebih cepat dari pertumbuhan. Terjadinya  peregangan kulit dengan cepat yang diakibatkan tubuh mengembang dan bertambahnya berat badan. Keadaan yang yang dapat mengalami resiko memiliki Stretch markantara lain:

  1. Kehamilan.
  2. Berat badan bertambah
  3. Faktor keturunan (genetik) adanya riwayat keluarga yang mengami
  4. Masa pubertas, saat perkembangan tubuh dengan cepat. Tanda-tandanya pada laki-laki, stretch mark dapat muncul di bagian bahu dan punggung. Sedang pada anak perempuan, guratan pada bagian kulit terdapat di bagian pinggul, paha, dan payudara.
  5. Adanya gangguan kesehatan menyerupai sindrom Marfan atau sindrom yang dapat membuat tubuh memproduksi hormon kortisol berlebihan, sehingga menyebabkan stretch mark sehingga adanya kelainan gen yang memengaruhi jaringan dan kulit tersebut.

Stretch marks sebenarnya tidak bisa bisa dihilangkan secara langsung akan tetapi pada warna stretch marks ini dapat pudar dengan sendirinya. Pada penggunaan krim, lotion, atau minyak tidak membuat Stretch mark hilang. Adapula tujuan  utama yang membuat kulit bisa mengalami stretch mark menjadi lebih halus. Tergantung waktu yang  berbeda pada setiap orang, karena faktor keturunannya bisa mempengaruhi kulit. 

Adapula bahan alami untuk bisa menghilangkan Stretch mark dengan baik, antara lain:

  1. Minyak zaitun dan kelapa

Minyak zaitun berperan penting melembapkan dan mengangkat sel kulit mati. Melalui pijatan dengan minyak zaitun dapat membantu aliran sirkulasi darah dan membuat stretch marks menjadi samar-samar. Cara penggunaannya:

  1. Ambil sedikit minyak di telapak tangan dan pijat lembut di bagian yang mengalami Stretch mark
  2. Kemudian diamkan selama 30 menit agar vitamin dalam kandungan minyak meresap pada kulit
  3. Mandi setelah melakukan dipijat
  4. Lalu, lakukan secara teratur hingga bagian guratan menghilang 
  5. Bersihkan bagian yang diberikan minyak dan selalu ulangi setiap hari.
  6. Lidah buaya

Aloe vera atau sering disebutnya lidah buaya akan mempercepat  penyembuhan dan memberikan rasa dingin di bagian kulit. Pada pemakaian gel lidah buaya untuk proses memudarkan. Caranya dengan menggosokan gel lidah buaya ke kulit dan diamkan hingga 15 menit. Kemudian, bilas menggunakan air hangat untuk membersihkan  lidah buaya.

  1. Madu

Tidak hanya itu gunakan juga madu asli. Madu yang memiliki sifat sebagai obat antiseptik untuk bisa mengurangi stretch marks. Madu akan memberikan efek yang baik jika digunakan akan menyerupai scrub, adalah cara membersihkan dengan cepat. Caranya dengan mencampurkan madu dengan garam dan gunakan gliserin lalu oleskan pada bagian guratan. Tunggu beberapa saat hingga kering kejudian bilas bersih menggunakan air bersih.

  1. Putih telur

Upaya menghilangkan dengan putih telur yang mengandung protein yang dapat membantu sel kulit dan meregenerasi kulit agar tampak lebih cerah. Caranya dengan mengguanakan bahan putih telur untuk memudarkan stretch mark: Bersihkan dahulu bagian stretch mark lalu kocok telurnya dan  oleskan bagian guratan dengan putih telur di sarankan mengolesinya dengan kuas. Tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air dingin. Kemudian pakai bahan-bahan lain untuk campuran, antara oles minyak zaitun untuk menjaga tetap lembap. Ulangi setiap saat untuk menghilangkan bekas menghilang.

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar

add.org

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>