Biografi Soekarno Berikan Inspirasi Untuk Terus Berjuang

x14. Biografi Soekarno Berikan Inspirasi Untuk Terus Berjuang

Tentunya Anda mengenal bapak proklamator Indonesia yaitu Bung Karno dengan segala perjuangan yang dilaluinya dalam biografi Soekarno. Memang banyak yang menuliskan berbagai kisah hidup Bung Karno dan bagaimana beliau memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga akhir hayatnya. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang patut diteladani.

Perjalanan hidup Soekarno memang tidak mudah karena dipenuhi dengan perjuangan untuk melawan segala bentuk penjajahan di Indonesia. Meskipun begitu Soekarno pernah berkata bahwa nantinya perjuangan kita akan lebih berat, karena yang harus dihadapi bukanlah penjajah tetapi bangsa sendiri. Maka Anda harus meneladani sikap Soekarno yang begitu kuat dan tangguh.

Jangan sampai melupakan orang-orang yang sudah pernah berjasa untuk membela kemerdekaan bangsa. Sehingga saat ini kita bisa hidup dengan tenang dan merdeka. Tentunya ini adalah anugerah dari Tuhan yang harus diperjuangkan sebaik mungkin. Bukan dengan sesuatu yang justru memecah belah bangsa seperti pesan Soekarno.

Biografi Soekarno Secara Singkat

Sebenarnya ketika lahir Soekarno diberikan nama Kusno Sosrodiningrat oleh orang tuanya, tetai kemudian diganti karena beliau sering sakit-sakitan. Dalam kepercayaan Jawa biasanya anak yang sering sakit-sakitan memang tidak cocok dengan namanya, maka sebaiknya diganti dengan nama yang lainnya. Sehingga nantinya anak tersebt tidak lagi sakit-sakitan.

Nama Soekarno diambil dari seorang panglima perang dari kisah Bharatayudha, yaitu Karna. Sedangkan “Su” artinya adalah baik. Masa kecil Soekarno sempat tinggal selama beberapa tahun di Blitar bersama orang tuanya. Kemudian bersama kakeknya di Tulungagung sebelum berpindah ke Mojokerto bersama orang tuanya juga.

Kemudian Soekarno mulai bersekolah di Mojokerto, hingga masuk ke HBS di Surabaya. Di sanalah jiwa nasionalisme Soekarno mulai terbentuk. Beliau juga aktif pada organisasi Budi Utomo yang fenomenal pada masa itu. Kemudian pada tahun 1918, Soekarno mengubah nama organisasi itu menjadi Jong Java atau artinya adalah Pemuda Jawa. Rasa cintanya pada tanah air terus terpupuk hingga dewasa.

Kiprah Soekarno Sebagai Pahlawan Proklamator

Soekarno mendapatkan gelar insinyur dari Technische Hoogeschool atau sekarang adalah ITB, pada tahun 1926. Kemudian dia mulai masuk ke ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI pada 4 Juli 1927 agar Indonesia bisa merdeka. Akibat pendirian ajaran ini kemudian Soekarno dipenjara di Sukamiskin Bandung pada tahun 1929.

Namun meskipun di penjara, Soekarno tidak kehilangan akal untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dia membuat pledoi yang sangat terkenal pada saat itu, yaitu Indonesia Menggugat. Soekarno kemudian membongkar bejatnya Belanda yang mengaku sebagai bangsa yang maju dan menjajah beberapa negara lainnya juga.

Hal ini kembali membuat Belanda marah dan kemudian pada tahun 1930, PNI dibubarkan tetapi kemudian Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo) dan menjadi pemimpin di partai tersebut. Soekarno kembali dipenjara oleh Belanda dan dibuang ke Flores. Hingga beliau benar-benar bebas saat kependudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942.

Kemudian pada tahun 1943, Jepang mulai menyadari keberadaan para tokoh pergerakan nasional ini penting kedudukannya. Sehingga mulailah mereka untuk menggandeng dan bekerjasama untuk memerdekakan Indonesia, tentunya dengan maksud lain di dalamnya. Tetapi hal ini juga dimanfaatkan oleh Soekarno untuk mempersiapkan segala keperluan untuk kemerdekaan Indonesia.

Setelah perjuangan yang cukup panjang maka akhirnya kemerdekaan Indonesia berhasil diproklamirkan. Dalam berbagai biografi Soekarno tentunya Anda bisa dengan mudah menemukan kisah ini bahkan mungkin lebih lengkap dan rinci untuk dipahami.

Keyword: biografi Soekarno

Deskripsi: Anda bisa melihat perjuangan yang dilakukan oleh Soekarno demi memerdekakan Indonesia. Hal ini bisa ditemui di dalam biografi Soekarno yang Anda baca.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>